Sabtu, 05 Januari 2013

Cara Mengetahui Foto Hasil Editan Atau Foto Asli Menggunakan JPEGSnoop


Jumpa lagi dengan saya, pastinya dengan tutorial yang berbeda. Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah software yang sangat sederhana, tetapi mempunyai hasil yang sangat memuaskan. Software tersebut adalah JPEGSnoop, Pernahkan anda mendengarnya?, jika belum, saya akan menjelaskannya sebentar.
“JPEGSnoop adalah sebuah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk menganalisa sumber atau keaslian dari suatu gambar yang berformat .JPEG untuk mengetes keasliannya. Sehingga kita akan tau kalau gambar tersebut sudah di edit atau masih benar-benar asli belum diedit sama sekali“. Dikutip http://www.slovech.us
Dan kita sering menemui foto-foto “nakal” yang beredar di internet dan itu menjadi heboh di dunia maya. Padahal foto tersebut adalah sebuat rekayasa. Nah, maka dari itu kita harus mengetahui, mana foto yang asli dan mana yang hasil editan. Bagaimana ? anda penasaran? baiklah langsung ke tutorialnya. Tapi sebelumnya anda lebih baik Download JPEGSnoop (149) terlebih dahulu.

Langkah 1

Ekstrak file yang sudah anda download tadi (JPEGSnopp). Kemudian Buka Aplikasi JPEGSnoppnya, klik file > open image.

 



 

 

 

 

 

 

Langkah 2

Pilih foto yang kita inginkan, dalam hal ini saya menggunakan foto didapat dari google.co.id dengan keyword “Editing Photoshop”, karena ini sekedar contoh saja, untuk mengetahui bahwa foto ini benar-benar sudah di edit.















Biasanya foto-foto hasil editan, menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Oleh karena itu, kita  menggunakan fungsi Ctrl + F, untuk mencari kata-kata yang berhubungan dengan “Adobe Photoshop”, karena aplikasi JPEGSnoop dapat mengetahui secara detail dari mana sebuah foto itu berasal dan terakhir disimpan.
Tekan Ctrl + F dan ketikan “photoshop” lalu tekan enter:

 














Dari foto diatas jelas terlihat jika foto tersebut terakhir di save menggunakan aplikasi Adobe Photoshop [Adobe Potoshop] dan didapat dari sebuah web [Save For web 60]. Bagaimana? mudah bukan?, baiklah selamat mencoba!. “Like this yo!”.

0 komentar:

Posting Komentar